5 Tipe Rumah Yang Paling Populer di Indonesia
5 Tipe Rumah Yang Paling Populer di Indonesia

Admin

16 Jun 2023 07:13 WIB

Rumahkini.com - Rumah merupakan suatu kebutuhan primer setiap manusia, rumah memberikan rasa aman dan nyaman pada tiap orang yang menempatinya. Untuk meningkatkan kenyamanan, tentunya rumah harus di desain sesuai dengan preferensi pemilik rumah. Sebelum melakukan desain, alangkah baiknya pemilik mengetahui tipe rumah yang akan dibuat agar desain bisa dilakukan secara lebih maksimal dan membuat pemilik bisa nyaman untuk meninggali rumah tersebut selama hidupnya.

Apabila Anda merupakan calon pemilik rumah seperti ilustrasi diatas, silahkan simak artikel berikut mengenai lima tipe rumah yang paling umum dibuat di Indonesia.


1. Rumah Tipe 21

Merupakan rumah dengan tipe terkecil yang paling umum di Indonesia. Biasanya, luas bangunan rumah ini, yaitu sebesar 21 meter persegi dengan ukuran bervariasi, yaitu 3 x 7 meter, 5.25 x 4 meter, ataupun dan 6 x 3.5 meter dan dibangun diatas tanah seluas 50 meter persegi.

Ruangan yang biasanya dibuat pun terbilang sedikit, yaitu hanya satu kamar tidur, satu kamar mandi serta satu ruang serbaguna (ruang makan/tamu/keluarga). Kisaran harga dari rumah tipe 21, yaitu sekitar 100 juta-an saja dikarenakan memang biasanya target pasar dari rumah tipe ini yaitu kaum milenial maupun pasangan muda.

Sumber : https://www.arsitur.com/2019/02/rumah-type-21-pengertian-denah-harga.html

2. Rumah Tipe 36
Tipe rumah ini adalah yang paling populer di Indonesia karena dianggap paling pas baik secara ukuran yang tidak terlalu kecil dan harga yang masih terjangkau. Biasanya, rumah tipe 36 dibangun diatas tanah seluas 60-72 meter persegi dengan dimensi bisa sebesar 9 x 4 meter atau 6 x 6 meter.

Luas tersebut sudah cukup untuk membuat rumah memiliki hingga 2 kamar tidur, 1 kamar mandi serta 1 ruang serbaguna yang bisa mencakup ruang tamu, ruang keluarga, serta dapur. Hunian tipe ini cocok untuk keluarga yang sudah memiliki anak. Rumah tipe ini pun menjadi yang paling banyak dipasarkan di Indonesia karena segmentasi pasar yang luas dan dinilai cukup ideal untuk diterapkan di Indonesia. Adapun, kisaran harga dari rumah ini, yaitu berkisar di angka 300-500 jutaan.

Sumber : https://www.gramapuripersada.com/type-rumah-yang-ditawarkan/type-36/

3. Rumah Tipe 45 Apabila Anda merasa tipe 36 masih terlalu kecil, Anda bisa memilih rumah tipe 45 yang biasanya dibangun dengan dimensi 6 x 7.5 meter diatas tanah seluas 72-96 meter persegi. Rumah tipe ini mampu mencakup hingga 2 atau 3 kamar tidur, 1 atau 2 kamar mandi, 1 ruang tamu yang cukup besar, 1 ruang keluarga, dan juga bisa dibangun 1 garasi atau taman. Pemilihan ruangan bisa Anda sesuaikan dengan budget dan keinginan Anda. Dengan harga sekitar 500 jutaan, Anda sudah bisa memiliki rumah tipe 45 ini. Dan biasanya, yang paling cocok untuk menempati rumah tipe ini yaitu bagi mereka yang sudah berkeluarga dan memiliki anak lebih dari satu.

Sumber : https://disperkimtan.kalteng.go.id/desain-rumah-type-45-modern/

4. Rumah Tipe 60
Rumah Tipe 60 merupakan tipe rumah yang saat ini banyak diminati kalangan middle di Indonesia. Rumah ini biasanya berdimensi 6 x 10 atau bisa juga berdimensi 8 x 7 meter persegi dan dibangun diatas tanah sebesar 120-150 meter persegi. 

Dengan luas dan dimensi tersebut, rumah ini sangat ideal untuk dijadikan rumah 2 lantai dan bisa mencakup hingga sebanyak 3 kamar tidur dan 2 kamar mandi. Pastinya, ruang tamu serta ruang keluarga juga bisa dibangun dengan cukup luas. Anda hanya tinggal menyesuaikan kebutuhan atau layout yang diinginkan. Kisaran harga rumah ini pun bervariasi mulai dari 500 juta hingga 1 milyar.

5. Rumah Tipe 70
Tipe ini biasanya diminati oleh kelas atas yang masih tergolong ‘entry level’. Dengan luas bangunan 70 meter, biasanya dimensi dari rumah ini yaitu bisa 7 x 10 meter, 6 x 12 meter dan bisa dibuat hingga 2 lantai. Rumah tipe ini juga mampu mencakup taman kecil yang bisa dibuat di belakang rumah serta dapat meliputi hingga 3 kamar tidur. Adapun kisaran harga rumah tipe 70 yaitu sekitar 1 milyar hingga 2 milyar.

Sumber : https://homecare24.id/rumah-type-70-minimalis-modern/

Artikel Lainnya