Mengenal Profesi-profesi di Bidang Arsitektur
Mengenal Profesi-profesi di Bidang Arsitektur

Admin

07 Nov 2023 03:31 WIB

Sumber : Photo by Sergey Zolkin on Unsplash


Ketika mendengar sesuatu mengenai bidang arsitektur, bidang pekerjaan yang langsung terpikirkan adalah arsitek, padahal, banyak profesi-profesi lain yang juga bekerja di bidang arsitektur. Pada kali ini, mari simak mengenai pekerjaan apa saja yang bisa ditekuni apabila kamu menjadi lulusan dari jurusan arsitektur.


1.  Arsitek
Ini merupakan profesi paling umum dan terkenal buat lulusan bidang arsitektur, tugas dari seorang arsitek yaitu bertugas dalam merencanakan, merancang desain, serta membuat perkiraan anggaran dari suatu bangunan (perumahan, pertokoan, perkantoran).
Biasanya, arsitek bekerja sama dengan kontraktor dimana kontraktor lah yang menjadi pengarah dan pelaksana pembangunan suatu bangunan dari rancangan yang telah dibuat oleh arsitek. Gaji arsitek pun juga cukup besar, dilansir dari gajimu.com, rata-rata gaji arsitek yaitu sekitar 3 hingga 10 juta rupiah. Dan itu hanya berupa gaji pokok per bulan, belum termasuk upah apabila arsitek sedang mengerjakan suatu proyek besar.

2. Drafter/Juru Gambar
Drafter mempunyai tugas dalam membuat gambar detail dan menyeluruh dari suatu desain yang dibuat oleh arsitek, biasanya drafter membuat wujud asli dari desain rumah yang telah dibuat serta membuat gambar rancangan seperti bagaimana aliran air bersih mengalir pada rumah ataupun mengenai gambar rencana pondasi, dan lain-lain.
Gaji dari drafter biasanya cenderung lebih sedikit dibandingkan gaji arsitek karna tingkat kesulitan pekerjaan mereka yang lebih rendah dibanding arsitek. Kisaran gaji drafter yaitu sekitar 3-5 juta rupiah.

3. Surveyor
Merupakan sebuah profesi yang berperan dalam melakukan survey untuk memastikan apakah suatu proyek dirancang dan dibangun sesuai dengan peraturan dan data-data yang telah ditetapkan, seperti biaya, luas, bentuk, serta posisi dari bangunan yang akan dibuat. Surveyor diharuskan untuk memiliki ketelitian yang tinggi serta menguasai ilmu matematika. Dikarenakan surveyor harus mempunyai keahlian khusus, gaji surveyor berada di kisaran 5-10 juta rupiah.

4. Kontraktor
Kontraktor bekerja sebagai pelaksana dari proyek pembangunan yang waktu, kualitas serta biaya nya sudah ditetapkan oleh klien. Kontraktor juga bertanggung jawab terhadap anggaran yang telah ditetapkan serta sarana dan metode yang digunakan untuk menyukseskan suatu proyek konstruksi.
Gaji kontraktor rata-rata sebesar 3 hingga 5 juta rupiah per bulannya. Namun, kontraktor juga menghasilkan penghasilan tambahan yang cukup besar melalui upah sesuai dengan yang tertera pada kontrak dari proyek yang dikerjakan.

5. Konsultan Arsitektur
Untuk menjadi konsultan, tentunya kamu harus mempunyai pengalaman yang cukup banyak karena pekerjaan ini mempunyai tanggung jawab yang lebih tinggi. Konsultan arsitektur bertugas dalam membuat rancangan draft mengenai perencanaan serta analisis seperti rencana perwujudan desain arsitektur serta resiko dari desain yang telah dibuat oleh arsitek.
Untuk tempat, konsultan bisa bervariasi seperti di kantor ataupun langsung berada di lapangan untuk melakukan monitoring proyek. Gaji dari seorang konsultan pun bisa mencapai dua digit angka.


Artikel Lainnya