Tips Agar Rumah Terlihat Lebih Estetik dan Rapi
Tips Agar Rumah Terlihat Lebih Estetik dan Rapi

Admin

07 Nov 2023 03:34 WIB

Sumber : Photo by Spacejoy on Unsplash


Rumahkini.com - Apakah Anda jenuh dengan tampilan rumah Anda? Ternyata, tampilan rumah bisa mempengaruhi mood penghuninya, loh. Tampilan yang itu-itu saja serta kurang memperhatikan keestetikan dan kerapian, dapat menurunkan mood penghuni sehingga memunculkan rasa jenuh dan bosan. Apabila Anda merasa kondisi rumah Anda mirip dengan keadaan diatas, coba ikuti tips-tips berikut ini agar rumah Anda terlihat lebih estetik dan rapi.

1. Membersihkan dan Menata Ulang Ruangan
    Sebelum menambahkan pernak-pernik, mengecat ulang, ataupun melakukan hal-hal lainnya untuk mengubah ruangan, sebaiknya Anda membersihkan terlebih dahulu ruangan Anda. Bersihkan tiap sudut ruangan dan jangan sampai ada debu yang tertinggal. Ruangan Anda pasti akan terlihat lebih segar. Jangan lupa juga membuang atau memindahkan barang-barang yang sudah tak terpakai ke gudang agar banyak space baru yang bisa diisi pernak-pernik lain ataupun bisa dikosongkan.
    Baru setelah ruangan telah bersih, Anda bisa memikirkan penataan dari ruangan Anda, seperti memindahkan sofa yang tadinya di tengah-tengah ruangan menjadi di sudut ruangan, ataupun misalnya memindahkan televisi yang ada di meja, menjadi menempel di dinding.

2. Memikirkan Konsep Desain
    Agar ruangan tidak menjadi aneh karena barang-barang yang ditempatkan mempunyai nuansa yang berbeda, alangkah baiknya Anda tentukan konsep desain yang ingin Anda terapkan pada tiap ruangan Anda. Hal ini penting agar ruangan lebih sedap dipandang dengan nuansa kesesuaian dan keseragaman yang diciptakan oleh ruangan tersebut.  
    Anda bisa menerapkan konsep seperti minimalis, dimana pada konsep tersebut, baik dinding, barang-barang yang ada pada ruangan berwarna netral. Konsep tersebut juga lebih mengutamakan fungsionalitas sehingga barang-barang yang ada pada ruangan biasanya lebih sedikit dan minim hiasan. Konsep lain yang bisa Anda terapkan, yaitu misalnya konsep industrial, dimana pada konsep ini, ditonjolkan warna mentah dari material yang biasa atau identik digunakan pada konsep ini, yaitu material beton dan baja. Anda bisa melihat artikel Menjelajahi Berbagai Konsep Desain Interior sebagai salah satu sumber inspirasi dari konsep desain yang akan Anda terapkan.

3. Menambah Aksesoris yang Sesuai Dengan Konsep Desain yang Diinginkan
    Setelah menentukan konsep desain yang diinginkan, sesuai dan cocok untuk rumah Anda, Anda bisa langsung menambahkan aksesoris-aksesoris yang sesuai dengan konsep yang telah ditentukan, misalnya dengan membeli gantungan lampu berwarna gelap apabila konsep yang diterapkan yaitu industrial. 
    Anda juga bisa membeli aksesoris seperti vas bunga, rak dinding, meja multifungsi maupun lukisan dinding dan sesuaikan aksesoris tersebut dengan warna yang masuk ke konsep desain yang telah Anda tentukan. Misal, akan aneh apabila Anda membeli vas bunga warna biru muda apabila konsep yang Anda terapkan yaitu konsep minimalis.

4. Perhatikan Pencahayaan Ruangan
    Ketika Anda telah menerapkan tips-tips diatas, namun ruangan masih terlihat suram dan kurang nyaman, mungkin pencahayaan dari ruangan tersebut masih minim, pencahayaan juga ikut memainkan peran dalam perubahan mood penghuni rumah. Anda bisa memanfaatkan sinar matahari untuk menambah pencahayaan yang masuk, maupun memasang lampu tegak yang bisa ditempatkan pada sudut-sudut ruangan yang menurut Anda masih minim pencahayaan, hal ini meningkatkan kenyamanan karena ruangan tidak terasa gelap.

5. Memasang Wallpaper
    Menambah wallpaper bukanlah ide buruk apabila Anda merasa ruangan terasa terlalu kosong dan sepi. Namun, pastikan wallpaper sesuai dengan konsep desain dari ruangan. Dengan memasang wallpaper, ruangan menjadi terlihat lebih berisi dan berwarna, sehingga rumah lebih nyaman untuk ditinggali.

    Itulah sedikit tips untuk Anda yang ingin merubah tampilan interior dari rumah Anda, semoga bisa membantu dan mendapat inspirasi.




Artikel Lainnya